Metode Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palu

  • Ubadah Ubadah IAIN Palu

Abstract

Penelitian ini berkenaan dengan studi atas metode pembelajaran bahasa Arab yang efektif untuk meningkatkan  kemampuan bercakap mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palu (Studi pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab),  yang permasalahannya meliputi bagaimana teknik yang dipergunakan oleh dosen bahasa Arab dalam mengajarkan bahasa Arab di Jurusan Pendidikan Arab (PBA), bagaimana kemampuan mahasiswa jurusan PBA dalam membaca kitab kuning atau naskah Arab yang tidak berbaris, dan bagaimana teknik pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab yang tidak berbaris.

Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bercorak deskriptif kualitatif yang dipadu dengan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data, dan verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang dipakai oleh para dosen sangat variatif antara satu dosen dosen yang lain berbeda-beda,  kemampuan membaca kitab  mahasiswa juga masih di bawah standar. Adapun teknik pembelajaran untuk kitab yang tidak berbaris adalah dengan memperbanyak kajian tentang ilmu pendukung yaitu qawa'id, nahwu serta sharaf baik dalam perkuliahan maupun di luar perkuliahan.

Implikasi penelitian ini diharapkan  para dosen Bahasa Arab yang mengajar di Prodi Pendidikan Bahasa Arab harus benar-benar selektif memilih metode dan teknik yang sesuai dalam mengajarkan bahasa Arab dan ilmu turunannya baik dalam perkuliahan di kelas maupun di luar kelas.

Published
2020-12-17
Section
Articles